Selasa, 03 Januari 2012

terimakasih...

kuliah
kuliah...
iya, gue kuliah. gue anak kuliahan.
mungkin, sangat amat terlambat gue baru mengatakan kalo sekarang gue udah jadi anak kuliahan. emh..bukan mungkin. tapi memang iya, gue terlambat! sangat amat terlambat. sekarang udah mau masuk semester 2 gitu --"

jujur, awal masuk kuliah gue seneng banget. secara gitu gue masuk kuliah. oke ini lebay, tapi nggak. *labil*
tapi waktu pertama gue masuk ke kampus, pola pikir gue masih cetek tentang dunia perkuliahan. waktu gue masuk kuliah, gue sadar kalo gue udah gak sma, dan gue juga sadar kalo gue udah jadi anak kuliahan. tapi pake tanda kutip 'kuliahan'nya.

gue belum menyadari arti dari perkuliahan itu sendiri, mungkin karena gue anak pertama. dan gue juga belum pernah ngeliat rutinitas anak kuliahan sehari-hari itu gimana. apalagi kedokteran. gue buta.

diawal masuk perkuliahan, semua lancar. masih main-main tapi pada pasang muka untuk mulai bersaing. padahal waktu itukan masih jamannya pekenalan. masuk kelas, gue sadar. dihadapan gue ada 142 anak mude yg baru lulus es em e. hah? 142? gue biasa aja. sampe akhirnya gue tau, kalo 141 anak-anak itu bakalan sekelas sama gue, iya sekelas, sama gue. 141 ditambah gue adinya 142. ho oh. sekelas. BUUUAAANNNYYAAAKKKK bangetsssssssssss. setelah gue tau itu, gue cuma bisa nyengir. nyengir mikir. ruangan kelasnya? ehem. gak gede-gede banget sih, cuma lumayan. lumayan sempit *nangis darah*
iya, jadi ruangan kelas gue itu, selain untuk ruang kelas sekaligus juga untuk aula. yahhh kebayangkan gimana

awal-awal masuk gue merasa tertantang gitu, ngeliat sikap sama tampang anak-anak kelas yang kayak mau perang. gue jadi semangat buat kuliah. di blok pertama semua lancar, normal pelajarannya waktu itu masih tentang etika kedokteran gitu, iyeh gue belajar hukum. hukum kedokteran tapinya. masuk ke blok ke-2, gue mulai dapet desas desus dari kakak tingkat, menurut mereka blok kedua ini adalah blok yang-paling-gak-banget! *maknai sendiri*
gue? perasaan gue? ahhh masih biasa aja #belumngerasain
diawal perjalanan gue dapetin pelajaran biologi, oke ini pelajaran waktu sma, bisa lah ya. terus gue juga dapet pelajaran kimia, fisika, dan biologi dari fakultas tetangga. ohhhh mooo ternyata ini yang buat gue lumayan stress. kami anak-anak yang polos tiba-tiba dihantam sama berjuta-juta kertas folio dan hvs untuk ngerjain laporan, dan itu buuuuaaannnyaaaakkkk banget. udah gitu, kita juga harus jalan kaki naik keatas supaya mendapatkan ketiga pelajaran itu, bolak balik, naik turun. maklum beda fakultas. daan itu cuapek, mana panas -_____- belum lagi kalo ada barang yang ketinggalan, harus balik lagi ke fk itu rasanyoooooo.
tapi itu gak seberapa, yang paling ngenes ya laporan-laporan yang bejibunnya itu, iya bejibun. mana ditulis pake pena lagi bukan diketik. masaoloh. ditambah lagi kakak-kakak dan mbak-mbak asdos nya yang super-super galak! ntah kenapa, kenapa kalian galak????? kami salah apa? *emosi sendiri* maap. setelah melalui itu semua, dan gue dikejutkan lagi. ternyata hasil dari itu semua cuma masuk 10% untuk nilai gue di blok kedua ini. ho oh, cuma 10% dari 100% yang ada. mamaaaaaaaaaaa....................

oke cukup, itu gak perlu banyak mikir. setelah itu semua, gue juga udah mulai masuk ke pelajaran kedokteran yang sesungguhnya. nah ini, disini, ini klimaksnya. dari mulai, oke ini gue ngerti, ini juga ngerti, yang ini.....emhhh emh ini nggak, yang ini juga nggak, ini ngerti. hah? ha? bolong-bolong. dan itu juga masih harus dibarengi dengan ketiga praktikum dari fak. lain itu. dan gue mulai lemah, capek. kendor. gue butuh extra joss #salah
gue coba nyemangatin diri sendiri, oke gue semangat, lalu? kendor lagi. iyahhhhhhhh gue kendor-kendor banget, gue melamun, gue mikir, ada apa iniiiiiiiii gue kenapa? kenapa? kenapa kayak gini, ini bukan gue -..- gue saling main semangat-semangatan sama temen-temen gue, yang keadaannya mayoritas sama. mangalami kecapean. tapi gue masih belum nemuin gue yang duluuuuuuu........ ega where are yoh????? *ngerok-ngerok sampah*
gue jatoh, gak gue aja sih, temen-temen gue juga jatoh --" , saat ini lah gue sadar, dan gue ngerti makna dari desas desus yang beredar dari kakak tingkat waktu itu, kalo blok ini paling-gak-banget. dan akhirnya ujian paling menakutkanpun datang, iya namanya UAB. dan hasil akhirnya? nilai gue? lumayan lahhhhh *bangga* lumayan JEBLOK!!! ahahah *pasrah* what the..... waktu gue liat nilai itu, dada gue rasanya kaya kena bom, jedar! ancur. dan kesimpulan akhirnya. satu angkatan nilainya jeblok, dan harus remedial satu angkatan. ahahah dahsyat sekaleh! gue mulai ngerasa bego -.-" (walaupun gue tau gue gak sendiri, tapi gue ngerasa aja). semangat diri sendiri lagi, tapi tetep gak mempan, main semangat-semangatan lagi sama temen, tetep gak mempan juga. oke cukup! gue galau!

sampe akhirnya, tadi malem, gue ngerasa kalo ini bukan gue. dari bbm-an gue sama 'adalahhhhhhhhhhh' gue sadar, sadar sesadar-sadarnya. makasih :)
isinya apa? standar. isinya cuma ngasih tau, kalo gue gak kaya gini, gue bisa. iya bisa. dari situ gue sadar lagi, gue juga harus bisa mulai merubah kebiasaan buruk gue, dan dari situ juga gue mulai ngerti dengan arti kuliah yang bener-bener kuliah, bukan kuliah-kuliahan. gue juga dikasih tau arti rasa bersyukur.

terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar