Rabu, 04 Januari 2012

saya seorang muslim

1 Januari 2012. tau kan hari apa? HARI LIBURRRRRRR
tet nottt...anda benar!

iya 1 Januari kemarin itu hari minggu, kalo dikalender, merah kan ya warnanya, selain itu 1 Januari juga hari libur nasional, merah juga dong ya berarti warnanya. jadi, warna merahnya double kan ya???
istilahnya, kalo hari minggu biasa atau hari libur nasional yang bukan hari minggu warna merahnya tanpa di bold. kali ini warna merahnya pake BOLD. tapi itu gak berlaku untuk gue dan sebagian teman-teman sejawat gue yang lainnya. kenapa eh kenapa? muehe hari itu gue bakalan ujian praktikum pendidikan agama islam. hadehhh kebayang gimana malesnya gue untuk ke kampus, untung gue dapet jadwal pagi, coba kalo gue dapet jadwal siang. klimaks banget gue malesnya, apalagi yang sore??? *jeng jeng*


pagi-pagi gue udah mandi, udah wangi, udah...emh salah gue bukan mau jalan-jalan tapi gue mau ujian. kira-kira pukul setengah sembilan pagi gue berangkat dari rumah dengan diiringi hujan rintik-rintik ke tempat kuliah gue, tapi bukan di kedokteran, gue ujian praktikum agamanya di fak. pertanian. singkat cerita gue sampe di fak. pertanian yang deketan sama kampus gue. sampe. kosong. hening. gak ada tanda-tanda kehidupan. dipikiran gue terlintas beberapa kemungkinan. pertama, gue dateng kepagian. karena jadwal dimulai pukul 08.30 dan gue udah sampe jam 08.45. kedua, anak-anak masih pada tidur. dan semua praduga yang ada dipikiran gue itu salah. mue'heee (iya gue gak bakat jadi conan). terus? yang bener apa? yang bener? lo mau tau? mauuu mauuu..... yang bener ituuu... GUE SALAH TEMPAT!
ternyata bukan fak. pertanian yang deket kampus gue, tapi fak. pertanian yang ada mushalanya yang deket lapangan basket, yang deket lapangan bola, yang deket lapangan tenis, yang ngelewatin kandang rusa yang ada danau ditengah-tengahnya.
setelah gue menyadari gue salah tempat, guepun langsung menuju ke tempat yang bener. singkat cerita lagi gue sampe. sepi *krik krik* ahahaha ada apa ini kenapa sepi. sampe akhirnya gue ngeliat ada 3 biji temen sejawat gue di depan pintu nunggu giliran (vivi, rayi, ratih). jadi intinya, yang baru sampe cuma 5 orang termasuk gue, 1 biji lagi menjalani ujian di dalam ruangan (intan), 3 biji nunggu, dan gue yang baru sampe.


nunggu...nunggu...giliran gue (udah mulai agak rame, nambah 3 orang -___-)
tok tok (gue ngetuk pintu ruang ujian) assalamuallaikum...
waalaikumsallam mbak...jawab abinya.
gue duduk. senyum manis #eaaa
abi: no presensi mbak berapa?
gue: 50 bi...
abi: (ngebaca daftar absen) ohh mbak Tanika Sonia Putri Larega ya namanya
gue: iya bi...
abi: *muka suram* Tanika Sonia Putri Larega emh... Tanika? Sonia? Larega?
ntah kenapa cuma 3 kata itu dari nama gue yang disebut sama abi berulang kali, ada kali ya lebih dari 7 kali.
abi: ini nama apa ya mbak? Tanika? Larega? kok gak ada islam-islamnya???
gue: hah? uh? emh... hehehe (cuma itu yang bisa gue jawab)
abi: ini nama mbak kenapa? kenapa gak ada islam-islamnya? kok gini? ckckck (muka abinya kaya mau ngasih nilai jelek untuk praktikum agama gue, suram)
gue: hehe gak tau bi (dalem ati: ya gak tau lah bi, kan yang ngasih nama bukan saya, emak bapak saya, kok nanyanya sama saya -__-)
abi: aduhhh mbak, mbak pake jilbab?
gue: pake bi
abi: alhamdulillah...mbak dapet hidayah
*jlebbb (ntah kenapa gue ngerasa ketusuk)
gue: eheee iya bi, alhamdulillah
abi: coba kalo mbak gak pake jilbab. abis baca nama mbak terus liat muka mbak, mbak nanti dikira bukan muslim mbak.
gue: eheee iya bi
(dalem pikiran gue, gue langsung kebayang perkataan temen-temen gue dari sd sampe kuliah ini, iya gue baru pake jilbab semenjak sma kelas 3. sebelumnya gue belum pake jilbab, dan selama gue belum pake jilbab itu tanpa harus mengetahui nama gue, orang-orang banyak yang ngira kalo gue itu noni, dan itu nyakit pret. dan ketika gue udah pake jilbab, masih ada yang bilang kalo gue muka noni. apalagi kalo gue kagak pake jibab -..-, apalagi kalo abi itu ngeliat gue gak pake jilbab -..- bisa-bisa gak lulus pelajaran agama gue *lebay*. tapi, gue pake jilbab bukan karena mau nutupin muka gue yang katanya 'mirip' kaya noni itu, tapi emang gue pake beneran, karena gue disuruh, sama? sama Allah #eaaa)
pendek cerita, abi itu ceramah panjang lebar tentang nama gue yang gak ada islam-islam sama sekalinya itu. dia juga minta sama gue, kalo gue nikah undang-undang dia -___- ahahaaa, terus dia juga minta sama gue supaya kalo gue punya anak, nama anak gue ada islam-islamnya. dunia khayal gue kambuh lagi, nama anak? emh siapa ya? aisyah? fatimah? aminah? balqis? annisa? summayyah? ehehe
entah kenapa yang muncul dipikiran gue nama cewe semua
setelah abi ceramah panjang lebar, ujian pun dimulai.
abi: ehem mbak ega, nilai praktikum ngaji mbak ega *liat daftar nilai* emmmhhhhhh bagus ya 4plus (paling besar nilai 5)
seketika abi itu bacain satu ayat dari surat pendek di al-quran dan gue disuruh ngelanjutin ayatnya. tapi gue kaget, gue nanya sama temen-temen gue yang udah praktikum sebelumnya kata mereka surat pendeknya itu al-ikhlas, an nas, tabats yada, al falaq, idza za gitu-gitu. gue? aha! dapet surat yang gue lupa namanya nya apa. mayan panjang -____- untung gue bisa, untung gue sekolah di al-kautsar tercinta, jadi gue gak kelabakan. makasih ya allah~ (info: abi nya juga kerja di sekolah al-kautsar gue itu), itu selesai, tapi ujian yang lanjutin surat pendek ini gak segampang yang dibayangin. abi ini minta kita bacanya sempurna, panjang-pendeknya, tebal-tipisnya, tanda-tanda baca al-qurannya harus bener. harus bangus ngetsss lah pokoknya tentunya tanpa ngeliat al-quran, selanjutnya gue ujian bacaan shalat dan gerakan shalat. selesai. beres. ahaaahaaaaa jadi ujian hari ini, kira-kira ngabisin waktu 10 menit-an. 7 menit ceramah 3 menit ujian.
akhirnya? selesai. gue pulang.


sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar