Rabu, 04 Januari 2012

up fisiologi pmbs1 bag.1

jadi gini ceritanya, senin besok tanggal emhhh... *mikir* emhhh tanggal berapa yak?
pokoknya senin besok lah ya, januari 2012. gue mau ujian praktikum fisiologi. entah kenapa gue berpikiran mau bahas bahan ujiannya disini.


up pertama itu mengenai 'penelitian sifat fisik darah'
hah? sifat fisik? darah? sifat fisik darah? darah punya sifat fisik? ganteng gak? cantik? kurus apa gendut?
ZZZzzzzzzzzzzz -______- banyak tanye lu!
pertama-tama, kedua-dua, ketiga-tiga kita mengetahui dulu tujuan dari praktikumnya itu apaan.
tujuannya itu, yang pertama (berdasarkan modul kuliah gue) : supaya kita tau kalo misalnya larutan (konsentrasi) dicampur sama darah, itu jadinya gimana? bahasa bagusnya: agar kita bisa tahu pengaruh berbagai konsentrasi larutan terhadap sifat fisik darah.
yang kedua (berdasarkan modul gue lagi) : agar supaya, supaya agar (bahasa indonesia nilainya dapet 100, layaknya bahasa bapak RT yang lagi pidato) kita mengetahui berat jenis darah tersebut.


ehem, sebelumnya kita cari tau dulu ya darah itu apaan.
menurut fisiologinya atau fungsinya yang didongengin sama oom sherwood, darah adalah suatu "kendaraan untuk transpor masal jarak jauh berbagai bahan antara sel dan lingkungan eksternal atau antara sel-sel itu sendiri. transpor semacam ini esensial untuk mempertahankan homeostasis"
nah kalo secara histologinya atau gambarannya yang dikisahkan oleh om victor p. eroschenko darah adalah "bentuk khusus jaringan ikat yang terdiri atas tiga jenis sel utama; eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan trombosit." nah, ketiga jenis sel utama si darah tadi, juga bisa disebut sebagai unsur bentukan (formed elements) darah, mereka itu beredar di dalam medium cair namanya plasma. masih menurut kalimat yang dikutip dari bukunya om eroschenko, sel darah itu mengangkut gas, nutrien, produk sisa, hormon, anti bodi, berbagai zat kimiawi, ion, dan substansi lain di dalam plasma dari dan ke sel-sel tubuh.

kalo digabungin menurut fisiologis dan histologi nya, darah yaitu "suatu bentuk khusus jaringan ikat yang terdiri dari tiga sel utama yaitu eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan trombosit yang beredar di dalam medium cair yaitu plasma darah. selain itu, darah juga merupakan kendaraan transportasi berbagai bahan berupa gas, nutrien, produk sisa, hormon, anti bodi, berbagai zat kimiawi, ion, dan substansi lain di dalam plasma yang ditranspor antara sel dan lingkungan eksternal atau sel-sel itu sendiri".

terus, sifat fisik darah itu apa? menurut pelajaran yang gue dapet dari dokternya (nama disembunyikan, kasian punya mahasiswi kaya gue), sifat fisiknya darah itu berupa sel darah (eritrosit, leukosit, dan trombosit) dan plasma darah dengan hematokrit (sel darah) pada pria mengandung 45% dan wanita 42% dan plasma mengandung 55% pada pria dan 58% pada wanita.
*balik buku-balik halaman* tiba-tiba...crrreeekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk~~~~~~~~ ahahahahaahehheh *ketawa pasrah* buku sherwood gue robek T.T ohohohoohohohuhuhuhu oke ya sudah, gue emang kayak gini, kenapa setiap barang yang gue sentuh selalu malang nasibnya, kasian~


dalam percobaan kali ini kita akan mengenal istilah hemolisis yaitu, pecahnya membran eritrosit sehingga hemoglobin bebas ke dalam medium sekelilingnya (plasma), jadi nanti si plasma darah itu akan berubah warna menjadi merah, dikarenakan si hemoglobin tadi. nah, kerusakan membran eritrosit tersebut salah duanya bisa disebabkan karena hipotonis (sel darah pecah)  atau hipertonis (sel darah mengkerut).
selain itu, kita juga mengenal istilah isotonis yaitu, sel darah utuh.
nah, dalam praktikum kali ini, ada tiga percobaan, yaitu:
1. pengaruh air dan larutan pekat
2. pengaruh larutan isotonis
3. pengaruh larutan suatu zat dalam larutan isotonis


oh iya leukosit itu dibagi menjadi 2, ada granulosit (neutrofil, eosinofil, dan basofil) dan agranulosit (monosit dan limfosit). untuk lebih lengkapnya, nanti gue ceritain di postingan selanjutnya.


mungkin itu dulu kali ye, yang bisa gue tulis di sini, sebenernya masih ada 2 praktikum lagi, tapi gue laper. mau makan dulu, nanti di lanjutin lagi. muehueheuehue


oh iya, bagi yang baca (padahal yang baca cuma gue aja) maaf, maaf banget. kalo misalnya dalam penulisan ini gue salah nulis, maaf ya...saya juga masih belajar. jadi kalo misalnya memang bener-bener ada kesalahan, mohon bantuannya :D


sekali lagi maaf bagi yang kalo ada baca, seandainya tulisan ini ada banyak kesalahan.


SAIIIIIII KEDOKTERAN..................
saiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii *suara lemes*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar